3rd INSS

November 18, 2016 oleh : superadmin-ng

International Nursing Summer School (INSS) ke-3 merupakan kegiatan rutin kemahasiswaan sebagai ajang pertukaran pelajar dan budaya yang diikuti oleh 13 mahasiswa dari dalam dan luar negeri, diantaranya Ubon Ratchathani (Thailand), National Cheng Kung University (Taiwan), Universitas Negeri Riau (Indonesia), Universitas Syah Kuala (Indonesia) dan Zagazig University (Mesir). HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan) PSIK FKIK UMY selaku panitia menfokuskan INSS ke-3 ini pada area praktik keperawatan komunitas dengan tema “Community Enhancement through the Developing of Islamic Value Based Practice and Holistic Nursing Care: cupping” yang telah dilaksanakan pada 8 – 21 Agustus 2016 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

3rd-inss

Fathiyyah Intan N, mahasiswa PSIK angkatan 2013 selaku project manager mengatakan “kegiatan 3rd INSS ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu education, non-education dan supporting program. Bagian education, peserta mengikuti perkuliahan yang ada di PSIK UMY yaitu pembelajaran orang dewasa (Problem-Based Learning) dari perkuliahan kelas, tutorial, praktikum dan evaluasi yang dilakukan secara computerize (CBT – computer based test).” Fathiyyah menambahkan, kegiatan non-edukasi diantaranya yaitu welcoming party, social program sampai farewell party dan program tambahan yaitu belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jawa untuk mengenalkan budaya Indonesia pada umumnya dan budaya Jogja pada khususnya.

Salah satu peserta dari Zagazig University, Mesir (Alaa  Elkamash) mengatakan bahwa kegiatan yang disukai di bagian educational adalah proses tutorial dan kegiatan sosial berupa pengabdian masyarakat di wilayah Donotirto, Kasihan, Bantul. Mereka ikut membantu screening kesehatan dan menginap di rumah warga Donotirto untuk melakukan kegiatan seperti menanam padi, menabuh gamelan dan lain-lain.

Wulan Noviani, S.Kep., Ns., MM selaku salah satu supervisor kegiatan ini dalam waktu senggangnya di kampus menyampaikan bahwa INSS ini merupakan salah satu kegiatan internasionalisasi UMY di tingkat Prodi dalam rangka menyelaraskan salah satu tujuan pencapaian rencana strategis Prodi terkait peningkatan kualifikasi internasionalisasi Program Studi Ilmu Keperwatan di tahun 2018. (F H)