International Emergency Nursing Camp merupakan salah satu kegiatan Nursing Care Club Emergency yang bergerak didalam bidang kegawatdaruratan yang diselenggarakan oleh NCC Emergency UMY setiap tahunnya. Pelaksanaan kegiatan 4th International Emergency Nursing Camp ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan IENC ditahun tahun sebelumnya. 4th International Emergency Nursing Camp tahun ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2017 kegiatan 4th IENC ini diawali dengan kegiatan seminar internasional yang bertempat di gedung Ar. Fachrudin B Universitas Muhammadyah Yogyakarta, kemudian dilanjutkan dengan Camp di Candi Prambanan. 4th IENC meringkas ilmu tentang bagaimana Healing Process dalam Disaster Management dalam “disaster nursing” yang terupdate yang lebih kompleks dalam praktik maupun teori. Tidak hanya materi dan praktik secara langsung dengan ahli, acara ini kita juga melatih softskill peserta untuk melaksanakan manajemen bencana secara tepat, cepat, akurat dan benar. Kegiatan International Emergency Nursing Camp ini terdiri dari beberapa materi yang diajarkan yaitu Disaster Management In Nursing secara fisik, psikologis dan sosial, Bidai balut, BLS, Evakuasi & Triase, Serta Triase Psikolgis. Selain itu, IENC 4 ini juga membahas terkait Insident Command System yang digunakan sebagai bekal sebelum melaksanakan simulasi bencana secara besar.

Rangkaian kegiatan IENC ke-4 ini diawali dengan kegiatan Seminar Internasional yang dilaksanakan di Ar.B Fachrudin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam seminar ini membahas 3 materi terkait Healing Process secara fisik, psikologis dan sosial yang disampaikan oleh pemateri internasional dan nasional yang sangat berkompeten dalam bidang kebencanaan. Kegitan ini dihadirkan 1 orang keynote dari Australia dan 2 speaker dari Indonesia.

Keynote speaker Ms.Lisa Vermeulen (Education Manager Of National Critical Care and Trauma Respond Center (NCCTRC) Australia) memberikan materi mengenai Evidance Based Health Care Regarding Disaster Management.

Pemberian materi dari speaker 1 Shanti Wardaningsih, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep. Jiwa., PhD (Senior Lecturer Of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang memberikan materi mengenai Physicological Problems In Disaster dan pemberian materi dari speaker 2 Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag (Author of  Book “Fiqih Bencana”, Lecturer UIN Sunan Kalijaga) yang memberikan materi mengenai Sosial Kebencanaan.

Kemudian kegiatan IENC dilanjutkan dengan berkemah di prambanan. Selama di prambanan, kegiatan IENC 4 adalah pemberian materi Insident Command System (ICS), Praktek BLS, Bidai Balut, Triase dan Evakuasi serta Triage secara psikologis. Selain itu juga diadakan simulasi kecil dan simulasi besar bencana dalam kegiatan ini. Peserta juga mendapatkan coffe break dengan tema “Jogja Cultur” sehingga peserta dapat menikmati kebudayaan jogjakarta. Kegiatan IENC 4 ini berakhir di hari ke-3 dengan kegiatan praktik vertical rescue dan horizotal rescue serta diskusi terkait Management Post Disaster yang akan dipandu dengan instruktur yang sangat ahli.

Berikut merupakan salah satu kegiatan hari kedua yakni praktek Evakuasi dengan diawali pemberian materi oleh Bapak Indra Prasetyantoro. S,Kep Dan dilanjutkan dengan praktek dengan di instrukturi oleh instruktur dari anggota NCC Emergency yang sudah dilatih dengan pemateri, kegiatan tersebut juga dibagi menjadi beberapa kelompok.

Berikut merupakan salah satu kegiatan hari ketiga yakni Horizontal Rescue yang di dampingin oleh SAR DIY dan di praktekan oleh peserta, dengan tujuan kegiatan tersebut melatih bagaimana cara menolong korban dengan cara horizontal.

Kegiatan IENC yang ke-4 ini diharapkan dapat menambah wawasan para perawat dan membuat mereka lebih tangkas dalam menghadapi situasi darurat. (a.r)

Let's Share!