Capaian Pembelajaran

  1. Sikap :
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  7. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  12. Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan
  13. Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia
  14. Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya
  15. Menunjukkan sikap saling tolong menolong dan mengajak dalam kebaikan dan mengingatkan serta mencegah keburukan (Amar Ma’ruf Nahi Mungkar)
  16. Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati manusia sebagai individu yang bermartabat sejak hasil konsepsi sampai meninggal
  17. Menunjukan cara beragama yang hanif (lurus) dan washatiyah (moderat)
  18. Menunjukan cara beragama yang mampu menggerakkan untuk berbuat kebaikan
  19. Memiliki nilai nilai Islam yang berkemajuan sesuai Al Quran dan As Sunah dalam penerapan asuhan keperawatan
  20. Mampu bekerjasama dengan tenaga kesehatan professional lain dengan berbagai latar belakang budaya
  21. Mampu menghargai perbedaan nilai, pilihan, kepercayaan dan kebutuhan yang berbeda sesuai dengan nilai Ke-Islaman
  22. Penguasaan Pengetahuan
  23. Menguasai teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle range theories
  24. Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik
  25. Menguasai nilai-nilai kemanusiaan (humanity values)
  26. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan gawat darurat, kep. kritis, kep. bencana, kep. paliatif dan menjelang ajal, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas dan keluarga
  27. Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan
  28. Menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik
  29. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  30. Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana
  31. Menguasai konsep dan prinsip manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan
  32. Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
  33. Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners
  34. Menguasai metode penelitian ilmiah
  35. Menguasai teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan asuhan keperawatan berbasis bukti (evidence based nursing)
  36. Menguasi Bahasa Inggris
  37. Menguasai pengetahuan Islam murni yang berkemajuan
  38. Menguasai pengetahuan tentang konsep Al-Maun
  39. Menguasai pengetahuan tentang konsep akhlakul karimah
  40. Menguasai pengetahuan Islam yang berkemajuan sesuai Al Quran dan As Sunah
  41. Menguasai pengetahuan nilai nilai Islam dalam penerapan asuhan keperawatan
  42. Memiliki pengetahuan keragaman budaya baik lokal, nasional maupun internasional
  43. Memiliki pengetahuan tentang factor sosial dan budaya yang dapat mempengaruhi asuhan keperawatan
  44. Keterampilan Umum
  45. Bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya
  46. Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
  47. Menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik
  48. Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya
  49. Meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
  50. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya
  51. Melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
  52. Memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
  53. Bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
  54. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya
  55. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
  56. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  57. Keterampilan Khusus
  58. Mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum tersedia
  59. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa atau keperawatan komunitas) sesuai dengan delegasi dari ners spesialis
  60. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya
  61. Mampu melakukan pengkajian secara komprehensif
  62. Mampu mempersiapkan pasien yang akan melakukan pemeriksaan penunjang
  63. Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawatan
  64. Mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatansesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat
  65. Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepat dan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawab perawatan
  66. Mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya
  67. Mampu melaksanakan penanganan bencana sesuai SOP
  68. Mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan
  69. Mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara reguler dengan/atau tanpa tim kesehatan lain
  70. Mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya
  71. Mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhan keperawatan
  72. Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawatdalam lingkup tanggungjawabnya
  73. Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkahlangkah pengembangan strategis organisasi
  74. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat
  75. Mampu mengelola asuhan keperawatan dengan ikhlas, jujur, amanah, tabligh, dan bertanggungjawab serta tidak membeda-bedakan status sosial ekonomi dan golongan
  76. Mampu melakukan asuhan keperawatan berlandaskan nila-nilai ke-Islaman
  77. Mengaplikasikan nilai Islam yang berkemajuan dalam
  78. Mengaplikasikan nilai Islam dalam penerapan asuhan keperawatan dan
  79. Mampu memberikan asuhan keperawatan yang berpusat pada klien yang mempunyai nilai, kecenderungan, kepercayaan dan kebutuhan yang
  80. Mampu mengintegrasikan hasil-hasil penelitian tentang perspektif budaya dalam keperawatan