cne_600

Continuing Nursing Education (CNE) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners UMY, dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini, mahasiswa Program Profesi Ners angkatan XXIII UMY mengangkat tema tentang “Penerapan Jenjang Karier dalam Dunia Keperawatan di Indonesia” yang memang tidaklah mudah ada dalam penerapan di rumah sakit.  Tidak semua rumah sakit di Indonesia menerapkan sistem jenjang karier bagi perawat sehingga hal tersebut memicu perhatian para mahasiswa, praktisi maupun akademisi yang masih minim pengetahuan tentang jenjang karier perawat.

Pada hari Ahad, 6 November 2016 telah  diadakan talkshow dengan tema tersebut, menghadirkan pembicara utama Dr. Ati Surya Mediawati, M. Kep. yang menjabat sebagai Kasubdit bidang perawatan Kemenkes RI periode 2012/2015, Harif Fadhillah, S.Kp., MH. Kes. selaku ketua DPP PPNI Nasional, serta Niken Dharmawati, S. Kep., Ns. yang menjadi Kepala Divisi Rawat Inap RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, salah satu rumah sakit yang telah menerapkan sistem jenjang karier bagi perawat. Kegiatan talkshow CNE 2016 sangat memikat perhatian para perawat dan mahasiswa (red: calon perawat) karena tema yang diangkat merupakan tema yang sangat jarang ditemui pada kegiatan-kegiatan seminar maupun talkshow ilmu keperawatan. Talkshow CNE 2016 tahun ini diselenggarakan di Sportorium UMY dengan  peserta yang hadir sebanyak 850 peserta dari berbagai institusi dan instansi di Indonesia. Sebagaian peserta berasal dari wilayah Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan talkshow CNE 2016 dimeriahkan dengan gali inspirasi dari perawat-perawat berprestasi (GARASI PRESTASI).  Ketiga perawat berprestasi itu adalah Guppianto Susilo, AMK, S.E., MM. yang merupakan perawat berprestasi di wilayah Yogyakarta, Sulis Mukaryanah, S.Kep., Ns. yang merupakan praktisi perawat mandiri dan Erna Rochmawati, S.Kp., MNSc., M.Med.Ed., PhD. yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) dan Magister Keperawatan UMY sekaligus sebagai peraih beasiswa program pascasarjana dan doktoral di Adelaide University Australia. Kegiatan GARASI PRESTASI tersebut sangat memikat para peserta terutama dari kalangan mahasiswa yang ingin mengetahui tentang dunia keperawatan dari berbagai aspek karier dunia keperawatan.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para peserta baik mahasiswa, praktisi maupun akademisi, ”Dengan adanya kegiatan ini, saya merasa ada pencerahan tentang karier perawat masa depan saya,” komentar salah satu peserta dari UMY. Hal tersebut sesuai dengan target awal diadakannya talkshow CNE 2016. (A.R)