Perwakilan HIMIKA Prodi Ilmu Keperawatan FKIK UMY mengiktui diskusi public pra kongres ILMIKI Wilayah IV (19-21/07). Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Pekalongan sebagai penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa perwakilan dari institusi yang memiliki program studi S-1 Ilmu Keperawatan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Prodi Ilmu Keperawatan FKIK UMY mendelegasikan tiga orang mahasiswi atas nama Sofia Mutmainnah  (20160320060) dari PSIK UMY 2016, Irnanti Wahyurini (20170320076) dari PSIK 2017, dan Risa Az-zahra (20180320098) dari PSIK UMY 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan calon sekjend ILMIKI dari wilayah IV, menyiapkan usulan perubahan AD/ART dan GBHO yang akan diajukan di Kongres Nasional ILMIKI 2019 dan sebagai wahana untuk membangun kepekaan mahasiswa keperawatan Indonesia terhadap masalah profesi perawat di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Universitas Pekalongan.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada hari Jumat 19 Juli yang diawali dengan kegiatan Diskusi Publik mengenai UKNI dengan kasus yang telah disiapkan panitia, dan pemaparkan hasil diskusi. Hari kedua merupakan acara Seminar Nasional Keperawatan dan bersamaan dengan kegiatan Sidang Tatib, Pemilihan presidium, Pembahasan AD/ART dan Pemilihan/pembahasan calon Sekjend ILMIKI dari Wilayah IV.

Hari ketiga (21/07) peserta mengikuti Pengabdian Masyarakat di Lapangan Mataram dengan mengadakan cek kesehatan dan persiapan closing ceremony dan city tour. Dengan adanya pengiriman delegasi ini peserta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dan dengan keikutsertaan dalam kegiatan ini peserta delegasi dapat berperan untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis dan realistis, serta peserta delegasi dapat memiliki pandangan yang lebih luas dan dapat berkontribusi lebih baik dalam dunia keperawatan.  Serta peserta delegasi dapat memiliki pandangan yang lebih luas dan dapat berkontribusi lebih baik dalam dunia keperawatan.