BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyelenggarakan lomba debat ilmiah bagi mahasiswa keperawatan seluruh Indonesia sebagai rangkaian dari acara Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang ke-18 tahun. Nursing Debate Competition 2017 nantinya diharapkan mampu menyalurkan minat dan bakat seluruh mahasiswa keperawatan dan mampu menciptakan bibit-bibit profesi keperawatan yang berprestasi serta meningkatkan hubungan harmonis antara civitas akademika keperawatan Universitas Airlangga dengan seluruh instansi keperawatan di Indonesia. Mengingat pentingnya membangun generasi perawat yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan, maka diperlukan suatu kompetisi untuk membangun kemampuan tersebut. Kegiatan Nursing Debate Competition ini berlangsung pada tanggal 1 April 2017 di Kampus C Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Nursing Debate Competition ini diikuti oleh seluruh mahasiswa diploma III dan sarjana serta magister program studi ilmu keperawatan di seluruh Indonesia. Jumlah tim yang mengikuti lomba ini adalah 30 tim dari 22 Institusi yang ada di Indonesia.

PSIK FKIK UMY melalui HIMIKA mendelegasikan mahasiswa/i nya  sebanyak 9 orang (3 tim) untuk mengikuti English Debate Competition dengan tema “Developing Professional Nurse with Critical Thinking Skill to Strengthen the Nursing Profession” yang diharapkan pengalaman dari kegiatan yang didapatkan bisa diaplikasikan untuk diri sendiri maupun mahasiswa keperawatan guna meningkatkan kualitas PSIK FKIK UMY.

Alhamdulillah salah satu tim dari PSIK UMY yang terdiri dari Savira Mulia Dewi (PSIK 2015), Fathiyyah Intan Niryani  (PSIK 2013), dan Novita Nur Hasanah (PSIK 2013) mampu meraih juara ke 3 di English Debate Competition ini. (a.r)