Mahasiswa PSIK UMY Ikuti Student Exchange ke Thailand

Januari 20, 2017 oleh : superadmin-ng

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengirimkan mahasiswa-mahasiswinya untuk belajar di luar negeri, kali ini lima mahasiwa/i mendapat kesempatan untuk belajar di Thailand. Kelima mahasiswa tersebut adalah Firdasani Desma Rosmala (2014), Endar Kurnianto (2014), Sirli Agustiani (2014), Dwi Inas Sari (2014), dan Alfi Maulida Rahmah (2014). Mereka mengikuti program Student Mobility yaitu Student Exchange di Ubon Ratchathani University (UBU) Thailand selama dua minggu sejak tanggal 16 hingga 30 Januari 2017.

Saat diwawancarai tim BHP UMY pada Selasa (17/1), Endar Kurnianto yang tengah berada di Thailand menyatakan dirinya merasa senang dapat mengikuti program student exchange tersebut. “Kegiatan kami di sini yaitu mengikuti kuliah seperti biasa, diajak berkeliling kampus, mengunjungi Public Health dan diterima dengan baik oleh perwakilan mereka. Selama dua minggu ke depan kami tinggal di Dormitory (sejenis asrama) dan diberi fasilitas sepeda untuk menunjang kegitan kami di sana. Kami juga mengikuti kuliah umum bersama mahasiswa UBU dan mahasiswa lain dari negara lain yang sedang melakukan student exchange juga di UBU,” paparnya.

Sebelum terpilih menjadi peserta student exchange ke Thailand, kelima mahasiswa tersebut telah melakukan proses seleksi dari PSIK UMY. “Proses seleksi meliputi mengumpulkan berkas seperti transkrip nilai, motivation letter, surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter, serta piagam prestasi. Sebelum berangkat juga ada interview terlebih dahulu terkait persiapan, ijin dari orang tua dan pembuatan paspor,” tambah Endar.

Melalui program ini, Endar berharap program Student Exchange ini dapat berguna bagi PSIK sendiri dan UMY yang mereka wakili. “Dengan adanya kegiatan ini kami bisa mengenal sistem pembelajaran di Ubon Ratchathani University sehingga kami dapat memberikan saran yang positif untuk prodi terkait sistem pembelajaran yang mereka miliki,” harapnya.

Sementara itu dosen pendamping kelima mahasiswa PSIK di Thailand, Dinasti Pudang Binoriang, Ns., M.Kep.,Sp.Kep.Kom menyatakan program ini juga merupakan salah satu program Internasionalisasi dari PSIK. “Kerjasama pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu program Internasionalisasi dari prodi. Mereka akan melihat dan belajar bagaimana peran perawat komunitas dalam melakukan asuhan keperawatan Public Health Nursing UBU selama dua minggu. Dan di akhir pertemuan, mereka harus mempresentasikan hasil belajarnya dengan dosen-dosen di UBU,” jelasnya.

Dosen yang sering disapa Pudang ini menambahkan program student exchange ke UBU juga merupakan kerjasama antara UMY dan UBU untuk pertama kalinya. “Program Student Exchange ke UBU ini pertama kali yang dilakukan kami. Semoga program student exchange ini dapat terus dilakukan dan dikembangkan. Tidak hanya dalam student exchange tetapi kegiatan ilmiah mahasiswa seperti konferensi,” ungkapnya.

dikutip dari : http://www.umy.ac.id/lima-mahasiswa-psik-umy-ikuti-student-exchange-ke-thailand.html

Let's Share!