Asisten Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan buka bersama dengan tema “Menjalin Silaturohmi dengan Buka Bersama Asisten Dosen PSIK UMY”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis 24 Mei 2018 yang berlokasi di ruang Mini Hospital PSIK. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh asisten dosen berjumlah 16 orang, serta dihadiri oleh Laboran Mini Hospital dan Koordinator Mini Hospital. Kegiatan buka bersama ini diawali dengan tilawah bersama membaca surat Ali ‘Imran ayat 21 – 30 bersama sama.

 

Kegiatan buka bersama ini memiliki tujuan untuk menjalin silaturohmi keluarga besar Mini hospital PSIK UMY, Hal ini sejalan dengan ungkapan Bapak Yuli Nurdiansyah, S.Kep. RN selaku koordinator Asisten Dosen “Buka bersama dilakukan agar tetap terjaga silaturahmi antara seluruh keluarga besar Mini Hospital. Selain itu diharapkan acara ini dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kekompakan antar anggota keluarga”. Bapak Yuli juga menyampaikan kedepannya diharapkan meningkatkan kegiatan keagamaan untuk mempertebal keimanan dan meningkatkan kekeluargaan.

 

Buka bersama ini di isi tausiah oleh Bapak Tri Mulyono, S.Ag dengan tema peningkatan Iman dan  Taqwa serta penguatan Ikhsan. Bapak Tri mulyono menyampaikan dalam suatu riwayat, disebutkan bahwasanya Nabi Muhammad SAW didatangi oleh seseorang dan duduk dihadapaan Beliau dan menanyakan tiga hal, Iman, Taqwa dan Ikhsan. Dalam tausiah ini di jelaskan mengenai ikhsan, adalah sesuatu yang kita lakukan terutama dalam beribadah haruslah yakin kita melihat Allah, dan yakin bahwa Allah SWT selalu melihat kita. sehubungan dengan acara bukber ini, sifat ikhsan haruslah juga menjadi landasan dalam kegiatan ini supaya tertanam keiklasan hanya atas dasar Allah dan diniatkan untuk beribadah. di akhir tausiah Bapak Tri Mulyono mengharap agar acara seperti ini untuk ditingkatkan supaya menjalin rasa ukuwah islamiyah dan ajang silaturahmi.

 

Kegiatan Buka Bersama ini dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah dan ramah tamah dengan anggota keluarga Mini Hospital PSIK UMY. Tidak hanya sampai di situ saja kegitan dilanjutkan dengan sholat Isyak dan sholat taraweh berjamaah. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang mampu menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kekompakan keluarga Mini Hospital PSIK UMY. Disamping itu dengan menjalin silaturohmi dapat meningkatkan rasa saling memiliki. Semoga Asisten Dosen PSIK UMY makin kompak dan selalu saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Ungkapan tersebut sejalan dengan pesan yang disampaiakn salah satu Asisten Dosen yaitu Hafidha, S.Kep., Ns “dengan adanya kegiatan ini diharapkan kita bisa saling silaturohmi sehingga bisa menjaga kekompakan yang bisa di aplikasikan ketika bekerja, kemudian semoga kita bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan”.

 

AWSB