Pelatihan Navigasi Darat dan Radio Komunikasi merupakan pelatihan terkait mempelajari cara menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompasyang gunanya untuk menentukan suatu lokasi atau tempat. Pelatihan  yang dilaksanakan pada hari Minggu, 07 Oktober 2018 terdiri dari dua agenda,yaitu materi dan praktik.

Pukul 06.30 anggota aktif NCC Emergency sudah berkumpul serta melakukan absensi dan kemudian diarahkan menuju depan Gedung Student Center untuk dapat menyimpan tas dan barang-barang pribadi. Kemudian anggota NCC Emergency diarahkan ke lapangan sepak bola untuk melakukan pemanasan sebelum lari keliling lapangan. Sekitar pukul 07.00 anggota NCC Emergency diarahkan ke Gedung Student Center lantai 3 untuk istirahat dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai materi. Pukul 08.30– 09.30 anggota NCC mendapat materi tentang Navigasi Darat yang disampaikan oleh Anggota MAPALA UMY.

Setelah mendapatkan materi Navigasi Darat dilanjut dengan praktik mulai dari pukul 09.30 – 11.15.Anggota NCC dibagi menjadi 4 kelompok kemudian menyebar di tiap titik lapangan sepak bola, tiap kelompok didampingi oleh satu anggota MAPALA. Pukul 11.15 anggota NCC kembali ke Gedung Student Center untuk melakukan FGD dan dilanjut dengan melaksanakan posttest sampai pukul 12.00. Kemudian pukul 12.00 kegiatan pelatihan dari NCC Emergency telah selesai.