Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh semua civitas akademika di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai bentuk kegiatan sosial, kepedulian dan kebermanfaatan ilmu kepada masyarakat luas serta sebagai wujud hadirnya perguruan tinggi di tengah masyarakat Yogyakarta. Kegiatan pengabdian kali ini berupa pelatihan pijat bayi yang dilaksanakan di Patalan Jetis Bantul Yogyakarta. Kegiatan pengabdian Masyarakat yang bertemakan PROMOSI, SOSIALISASI , EDUKASI BONDING ATTACHMENT MELALUI KELAS PIJAT BAYI  SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN KELUARGA  DI PATALAN JETIS BANTUL.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang di lakukan oleh ibu Rahmah.,M.Kep.,Ns.,Sp.kep.An dan ibu Laili Nurhidayati.,M.Kep.,Ns.Sp.Kep.Jiwa bertujuan untuk memberikan keterampilan pijat bayi pada ibu dan keluarga yang memiliki bayi usia kurang dari satu tahun serta sebagai sarana komunikasi antara keluarga dengan bayi sehingga bayi merasakan kehangatan dan penerimaan dari orangtua dan keluarga.

Pelatihan pijat bayi ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di Patalan Jetis Bantul Yogyakarta di ikuti oleh 5 – 6 keluarga yang memiliki bayi usia kurang dari 1 tahun. Setiap pertemuan keluarga diajarkan 2-3 bagian dari keseluruhan bagian pijat bayi (Lengan Kaki, Perut, dada, lengan Tangan, Wajah, Punggung, Gerakan Lembut, pijat kolik). Pelatihan pijat diberikan langsung pada ibu dan bayinya, sehingga ibu dapat mempraktekannya langsung.

Keluarga sangat antusias dengan pelatihan yang diberikan dibuktikan dengan tingkat kehadiran peserta selama 4 kali pertemuan hampir 100% dan keluarga dapat melakukan pijat bayi pada bayi mereka sendiri serta dapat langsung mendiskusikan kendala yang di hadapi selama pelatihan berlangsung.