PSIK UMY Sukses Menggelar 3 Kegiatan Internasional

Agustus 22, 2017 oleh : superadmin-ng

Sepanjang bulan Agustus 2017, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan beberapa kegiatan internasional secara berurutan antara lain International Emergency Nursing Camp (IENC) yang diadakan di Candi Prambanan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2017 dengan tema “Collaborative Healing Process as Nursing Practice in Disaster Management.” Kegiatan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam hal kebencanaan dan kegiatan ini berhasil mendatangkan 112 mahasiswa terdiri atas 10 mahasiswa Thailand, 3 mahasiswa Malaysia dan 99 mahasiswa dari 26 institusi di Indonesia.

International Emergency Nursing Camp( 4th IENC) YouTube play

Kegiatan kedua berupa Workshop Emergency and Disaster Management in Nursing terlaksana pada tanggal 5 Agustus 2017 dengan tema “Duo-Rapid (Health Assesment in Disaster and Trauma Survey) yang bertujuan untuk melatih praktisi dalam hal kebencanaan dan trauma.  Kegiatan diikuti oleh seluruh dosen Ilmu Keperawatan UMY dan praktisi dari rumah sakit di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan selanjutnya berlabel International Nursing Summer School (INSS) diselenggarakan pada tanggal 7 – 19 Agustus 2017 dengan tema “Nrima ing PandumJavanese Culture and Enhancement of Elderly Quality of Life” yang bertujuan untuk memperdalam ilmu keperawatan dalam bidang keperawatan gerontik. Kegiatan ini diikuti oleh 10 mahasiswa Thailand, 3 mahasiswa Malaysia dan 3 mahasiswa Indonesia.

4th International Nursing Summer School 2017 Teaser YouTube play

Seluruh kegiatan internasional tersebut mendatangkan pembicara terkemuka di dunia yaitu Mrs. Lisa Vermeulen dari Australia serta Mrs.Sawitree Singhard dan Mrs.Suvapat Nakrukamphonphatn dari Ubon Ratchathani University Thailand.

Kegiatan lainnya dikemas dalam bentuk pengabdian masyarakat yang diadakan di Monumen Absari Padukuhan Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul. Pengabdian masyarakat berlangsung  pada tanggal 13 Agustus memberikan pelatihan Brain Gym, Posyandu Lansia dan skrining penyakit kronis yang bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Korwil V Bantul, seluruh dosen, alumni (PSIK) UMY,  Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Bangunjiwo Barat, dan kader lansia di Padukuhan Kalirandu. Kegiatan pengabdian masayakarat ini sekaligus sebagai puncak dari rangkaian kegiatan internastional yang diselenggarakan oleh PSIK UMY. Sebanyak 120 Lansia dan 10 Kader Padukuhan Kalirandu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Kegiatan hari ini sangat ramai dan lansia di Padukuhan Kalirandu sangat antusias. Kami merasa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami bahagia dapat bekerjasama dengan pihak Program Studi Ilmu Keperawatan UMY,” ujar bu Ndari, Ketua Kader Lansia Padukuhan Kalirandu. Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Pedukuhan Kalirandu, Agus Mulyono mengatakan sangat antusias dan menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan UMY ini karena sangat menunjang program kerja Posyandu Lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Lansia di Pedukuhan Kalirandu. Agus berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin di Padukuhan Kalirandu. (a.r)