Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan seminar dan workshop yang berkerjasama dengan IPKJI DIY dengan tema “Penerapan Aspek Psikososial di Pelayanan Kesehatan di Auditorium E7B Gedung Ibrahim Lantai 5 Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Seminar ini bertujuan untuk menunjang serta berbagi informasi terkait penerapan aspek psikososial di pelayanan kesehatan baik dari pelayanan Rumah Sakit Umum, Komunitas dan Rumah Sakit Jiwa. Dalam sambutannya ketua panitia Ibu Laili Nurhidayati, M.Kep., Ns., Sp.Kep., Jiwa menyampaikan kegiatan seminar ini diikuti oleh dari berbagai institusi diantaranya UM Magelang, UNISA, UNJANI, Rumah Sakit Jiwa Grashia, Rumah Sakit Jiwa Magelang, Puskesmas Kasihan 2 Bantul serta mahsiswa keperawatan S1 maupun D3.

Seminar diawali dengan safety briefing dari organisasi Nursing Vare Club Emergency PSIK UMY yang menjelaskan dan memeragakan keselamatan diri saat berada di ruangan seminar. Safety Briefing ini bertujuan untuk memberikan informasi cara melakukan evakuasi diri ketika terjadi bencana di ruangan tersebut. Seminar dan workshop di buka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan menyampaikan “dalam pemberian asuhan keperawatan berpusat pada pasien (patient center) yang meliputi bio psiko sosio holistik dan komprehensif”

Seminar Keperawatan Jiwa diisi oleh pemateri oleh Prof. Budi Anna Kelliat yang merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Kegiatan seminar dan workshop kali juga menghadirkan beberapa pakar di bidang keperawatan jiwa baik dari klinik maupun dari institusi pendidikan. Kedepan hasil dari kegiatan ini semua peserta dapat mengaplikasikan dan memperhatikan aspek psikososial, hal ini sesuai dengan yang disampaikan salah satu narasumber workshop Ibu Kellyana Irawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep., Jiwa mengungkapkan “setelah seminar dan workshop ini diharapkan para peserta yang dari berbagai layanan kesehatan mampu mengaplikasikan dan memperhatikan aspek psikososial pasien baik di rumah Sakit Umum, Komunitas dan Rumah Sakit Jiwa.