Setelah mendapat prestasi di dalam lomba Ners Vaganza Regional Wilayah IV yang diadakan di Universitas Sultan Agung, Semarang 20 hingga 22 Januari silam, tim PSIK UMY berhasil kembali menuai prestasi yaitu mendapatkan Juara 3 Nursing Skill CompetitionĀ  dalam rangkaian acara Ners Vaganza Nasional ILMIKI yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 24 hingga 26 Februari yang lalu. PSIK UMY berhasil bersaing dan menjuarai Nursing Skill Competition bersama Universitas Gajah Mada (Juara 1) dan Universitas Brawijaya (Juara 2).

Ners Vaganza merupakan ajang untuk semua mahasiswa keperawatan dan juga agenda tahunan ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia). Untuk Ners Vaganza kali ini, mengambil tema ā€œHolistic Care as A Nurse Based Practise. Akan ada 13 Institusi dari tiga wilayah ILMIKI yang akan bertanding untuk dua jenis lomba yaitu Nursing skill competition dan English Debate. Ketiga belas institusi merupakan juara 1-3 dari Ners Vaganza masing-masing wilayah yang diadakan sebelumnya. Kegiatan ini merupakan acara yang digagas oleh ILMIKI dan pada tahun 2017 ini yang menjadi tuan rumah untuk melaksanakannya yaitu dari HIMIKA PSIK UMY, dan telah dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2017 yang dimulai dari jam 07.30 – 18.00 WIB di Kampus terpadu UMY dan dihadiri oleh Wilayah III, IV dan V.

Berikut ke 13 institusi tersebut: Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Stikes Faletehan Cilegon Banten, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Stikes Jend. Achmad Yani, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Stikes Wiramedika PPNI Bali, dan Stikes Bina Husada Bali.

Ners Vaganza Nasional ILMIKI 2017 dilaksanakan selama 3 hari dengan agenda, hari pertama merupakan pembukaan kegiatan Ners Vaganza Nasional ILMIKI 2017, hari kedua merupakan serangkaian lomba Nursing Skill Competition dan English Debate Competition, dan di hari ketiga merupakan penutupan kegiatan Ners Vaganza Nasional ILMIKI 2017 beserta City Tour ke Benteng Vredeburg dan Malioboro, dan dilanjutkan dengan mengantar peserta ke Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan.