Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirimkan empat mahasiswanya beserta satu dosen pembimbing untuk mengikuti kursus jangka pendek (short course) di Ubon Ratchathani University Thailand. Adapun program short course tersebut berlangsung sejak tanggal 12 hingga 19 Maret 2017.

Keempat mahasiswa yang memenuhi syarat tersebut yaitu Fajar Bagus Saputra (2015), Nadila Putri Mayna (2015), Yunita Nur Puspasari (2013), serta Indri Lestari (2013). Diterangkan dosen pembimbing keempat mahasiswa tersebut, Nurvita Risdiana, S.Kep., Ns.,M.Sc., menjelaskan bahwa program yang saat ini sedang berlangsung merupakan salah satu program Internasional universitas setempat. “Kami diundang oleh UBU dimana program ini menjadi projek International mereka. Untuk alasan kenapa mengundang PSIK UMY kami belum mengetahui alasannya. Pastinya dengan diundangnya ini dapat memperkuat kerjasama di bidang akademik,” jelas Nurvita saat dihubungi pada Kamis (16/3).

Nurvita kembali menjelaskan bahwa dalam program yang dilaksanakan selama sepekan tersebut, keempat mahasiswanya akan mempelajari ilmu kesehatan yang belum ada di Indonesia. “Selama belajar di Faculty of Medicine and Public Health Sciences in Ubon Ratachani University Thailand, kami mempelajari terkait public health system. Sedangkan dalam proses pembelajarannya akan mempelajari ilmu biomedis bagi perawat dan medical student,” ujarnya.

Keempat mahasiswa yang lolos tersebut, dalam penjelasan Nurvita telah memenuhi kualifikasi. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya nilai IPK, keaktifan mahasiswa, serta kemampuan berbahasa Inggris. “Keempat mahasiswa tersebut telah memenuhi syarat mengikuti program kursus jangka pendek. Untuk IPK harus lebih dari 3, serta mereka juga aktif di kegiatan akademik dan non akademik. Hal yang penting tentunya mereka lancar berbahasa Inggris,” paparnya. (A.R)

 

Dikutip dari : http://www.umy.ac.id/psik-umy-awali-program-short-course-di-ubon-ratchathani-university-thailand.html