Menutup serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Pedukuhan Kalirandu, Bangunjiwo, Bantul, Yogyakarta, dosen-dosen beserta mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara penutupan dengan melibatkan Kepala Dukuh, Ketua Kader Posyandu, perwakilan tokoh masyarakat, serta perwakilan masyarakat sasaran pengabdian masyarakat yang terdiri dari lansia, wanita usia subur, pasien beserta keluarga dengan masalah paliatif, dan pasien beserta keluarga dengan penyakit hipertensi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kegiatan yang bersifat terintegrasi dan holistik untuk memberdayakan masyarakat dan kader kesehatan untuk meningkatkan status kesehatannya. Kegiatan pertama berupa Gerakan Emak Sehat Reproduksi (GEMESI) untuk meningkatkan kesehatan reproduksi pada ibu postpartum dan wanita usia subur maupun lansia yang diketuai oleh ibu Riski Oktavia, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Mat.  Kegiatan kedua adalah Dera Pertama Dirumah, sebuah kegiatan pembentukan kader keluarga sebagai perawat utama pasien paliatif di rumah yang di ketuai oleh ibu Nur Azizah Indriastuti, M.Kep. Kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya adalah Senam Kaki Langgam Jawa, berupa senam kaki untuk lansia dengan menggunakan pendekatan budaya dan kearifan lokal yang diketuai oleh ibu Yanuar Primanda, MNS. Kegiatan berikutnya diketuai oleh ibu Kellyana Irawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Jiwa berupa kegiatan peningkatan status kesehatan jiwa masyarakat bertajuk Gerakan Emak Ramping Sejiwa (Rumah Pendamping Emak Sehat Jiwa). Terakhir, kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul program keluarga peduli hipertensi (Kuali) dalam upaya pencegahan stroke yang dipimpin oleh ibu Erfin Firmawati, MNS.

Rangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut dilaksanakan sejak bulan Februari 2019 hingga Juni 2019 yang dilaksanakan bertempat di pendopo Monumen Apsari, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dengan melibatkan masyarakat sesuai dengan sasaran atau target kegiatan masing-masing program. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kepala Dukuh Kalirandu, Pak Wakijo, menyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat secara umum. “Kami berterimakasih atas serangkaian kegiatan yang telah dilakukan bapak ibu dosen dan mahasiswa Keperawatan UMY di Pedukuhan Kalirandu ini. Besar harapan kami agar kerjasama antara Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY dengan Pedukuhan Kalirandu dapat berjalan secara berkesinambungan dan berkelanjutan”, harap Wakijo.