Dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas calon perawat professional, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menggelar kegiatan seminar motivasi yang diselenggarakan pada tanggal 27 September 2016 di Sportorium UMY.

Seminar motivasi yang dimotori oleh organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) UMY ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PSIK UMY.  Pada kesempatan kali ini, seminar motivasi mengangkat tema “Character Building to be a Professional and Islamic Nurse”, dengan mengundang Bapak Syaifoel Hardy, MSN sebagai pemateri pertama dan turut mengundang Ibu Novita Kurnia Sari, S.Kep., Ns., M. Kep selaku dosen di PSIK UMY sebagai pemateri kedua.  Acara dimoderatori oleh Ibu Kellyana Irawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Jiwa.

Kedua pemateri membahas tentang cara membangun profesionalisme perawat yang dapat ditempuh melalui basic formal education dan menggunakan 4 pilar dasar seperti knowledge, skills, work, and behavior.  Dalam mencapai profil perawat profesional dan Islami tentu harus mempunyai karakter seperti integritas, kualitas, kekuatan moral, dan reputasi. Selain itu, terdapat pula hal-hal yang perlu dipertimbangkan berupa formal education, code of ethics, peraturan, serta upah kerja.  Dengan demikian, calon perawat profesional dan Islami harus mempunyai landasan untuk mencapainya seperti tingkah laku yang sopan, pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, serta keinginan untuk bekerja.  Jika hal tersebut ada pada diri seorang perawat, maka kualitas, integritas, kekuatan moral, dan reputasi yang baik, maka dia berhak menyandang gelar perawat profesional dan Islami. (a.r)