SMK KESEHATAN KALTARA GOES TO CAMPUS UMY

Mei 24, 2018 oleh : superadmin-ng

 

 

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY pada hari rabu 23 Mei 2018 mendapat kunjungan dari SMK Kesehatan KALTARA (Kalimantan Utara. Pada kesempatan ini kunjungan terdiri dari 14 siswa yang terbagi dalam 13 siswa jurusan Keperawatan dan 1 siswa jurusan Farmasi. Kunjungan kali ini bertujuan untuk melihat kegiatan kemahasiswaan dan eksplorasi singkat lingkungan kampus, hal ini senada dengan ungkapan dari salah satu pendamping yaitu Ibu Debby Sinthia, S.Kep., Ns menjelaskan “kunjungan saat ini merupakan bagian dari salah satu kegiatan Study Campus yang bertujuan untuk melihat kegiatan kemahasiswaan dan mengeksplorasi lingkungan kampus sehingga dengan kegiatan ini siswa kami dapat memiliki gambaran terkait dengan kegiatan perkuliahan di Program Studi Ilmu Keperawatan UMY”.

 

Kegiatan mengeksplorasi kampus UMY kali ini ke Mini Hospital PSIK UMY melihat semua fasilitas yang ada. Siswa SMK Kesehatan KALTARA mengeksplor setiap station dari station 1 sampai station 12. salah satu Siswa yang bernama Lia sangat antusias mengikuti penjelasan dan bertanya “bagaimana dengan sistem perkuliahan di PSIK UMY?”. Kegiatan perkuliahan di PSIK UMY terdiri dari perkuliahan yang di berikan di dalam kelas, kemudian ada kegiatan praktikum di lab biomedis dan Mini hospital, disamping itu mahasiswa juga melakaukan kegiatan tutorial dengan membahas kasus dan mahasiswa di minta untuk menyelesaikan kasus tersebut. Pada tahap akhir semester mahasiswa akan melakukan kegiatan praktik klinik di Rumah Sakit selama tiga minggu untuk mengaplikasikan teori dan skill yang sudah dipelajari selama perkuliahan.

 

Pada kesempatan kali ini siswa SMK Kesehatan KALTARA merasa dengan adanya kunjungan ini sangat bermanfaat dan memberikan gambaran tentang perkuliahan S1 Keperawatan di UMY, hal ini senada dengan yang di sampaikan oleh salah satu siswa yang menjelasakan bahwa “berkunjung ke UMY ini khususnya di jurusan S1 Keperawatan sangat menyenangkan, disamping itu saya juga mendapatkan berbagai informasi terkait bagaimana cara mendaftar sebagai mahasiswa UMY, saya juga mendapatkan informasi terkait proses perkuliahan di S1 Keperawatan UMY seperti tutorial, kuliah, praktikum di Mini Hospital.

 

Diakhir kunjungan siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor lebih dalam lagi terutama di station 10 yang merupakan ruangan operasi. Siswa mendapatkan penjelasan isi ruangan operasi. “pada station 10 ini merupakan ruangan operasi yang biasa dilakukan oleh mahasiswa untuk belajar bagaimana cara persiapan sebelum melakukan operasi mulai dari cara mencuci tangan yang benar, memakai baju operasi yang tepat dan belajar untuk mempertahankan sistem steril selama di ruangan operasi” hal tersebut di ungkapkan oleh Bapak Arif. Selanjutnya siswa SMK Kesehatan KALTARA melanjutkan kegiatan untuk study tour di wilayah Yogyakarta.

AWSB

Let's Share!