Senin, 18 Desember 2017 Program Studi Ilmu  Keperawatan  UMY kembali mendapatkan kehormatan untuk menjadi tujuan studi banding oleh STIKES Widya Nusantara Palu.

Kegiatan ini dipandu oleh ibu Shanti Wardaningsih, Ns., M.Kep., Sp.Jiwa selaku ketua Program Studi Ilmu Keperawatan UMY. Materi yang disampaikan yaitu seputar “Reakreditasi (Penyusunan Borang)”. Kegiatan ini diisi oleh empat pembicara, yaitu sbb:

  1. Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D selaku ketua Program Studi Magister Keperawatan yang membawakan materi tentang penjelasan borang akreditasi secara umum.
  2. Moh. Afandi, Ns., MNS selaku dosen PSIK FKIK UMY yang membawakan materi tentang standart borang 1, 2, 4, 5.
  3. Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Kom selaku dosen PSIK FKIK UMY yang membawakan materi tentang standart borang 3.
  4. Yanuar Primanda, Ns., MNS selaku dosen PSIK FKIK UMY yang membawakan materi tentang standart borang 6 dan 7.

Kerap kali PSIK UMY dijadikan sebagai tujuan studi banding dari beberapa institusi keperawatan, khususnya swasta. Hal ini dikarenakan PSIK UMY merupakan salah satu institusi swasta yang telah menyandang gelar akreditasi A sejak tahun 2014. Keadaan ini tentu menjadikan PSIK UMY unggul dalam beberapa bidang, seperti pengelolaan dana, administrasi, kemahasiswaan dan bidang-bidang lain  yang menyangkut penyusunan borang akreditasi. Disisi lain beberapa dari dosen PSIK UMY merupakan tim asesor dari LAMPTKes.

Dalam kegiatan kali ini metode yang digunakan yaitu sharing dan diskusi. Metode sharing dilakukan untuk lebih menggali permasalahan dan potensi yang dimiliki oleh STIKES Widya Nusantara. Adapun metode diskusi digunakan untuk menemukan penyelesaian dari permasalahan yang ada serta strategi pengembangan yang tepat. (s.c)

Let's Share!