“Sumpah Ners Angkatan XXIV” 2017

Januari 26, 2018 oleh : superadmin-ng

Sumpah Ners merupakan suatu prosesi pengangkatan sumpah profesi yang dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan ners yang telah melewati masa profesi kurang lebih 10 bulan di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa dan Puskesmas serta telah dinyatakan lulus pada saat yudisium. Sumpah ners yang dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2017 merupakan sumpah ners yang ke-24 oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diikuti oleh 148 Ners Baru yang terdiri dari 45 laki-laki dan 103 perempuan, sehingga total lulusan Ners PSIK FKIK UMY saat ini berjumlah 1.352 orang. Adapun ners baru dengan predikat cumlaude berjumlah 36 orang, sangat memuaskan 106 orang dan predikan memuaskan sejumlah 5 orang.

Sumpah Ners ke-24 dihadiri oleh empat presidium yaitu kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Majelis DIKTI Muhamadiyah, dan Ketua PPNI Provinsi DIY. Selain itu Sumpah Ners ke-24 juga dihadiri oleh perceptor dari masing-masing RS Homebase yaitu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Gamping, RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, RSUD Tidar Magelang, RSUD Kab. Temanggung, RS PKU Muhammadiyah Parakan, dan RS Jejaring yaitu RSJ Grhasia Provinsi DIY, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, RSJD Dr. R.M.Soedjarwadi Klaten, Puskesmas Kasihan 1, Puskesmas Kasihan 2, Puskesmas Bambanglipuro, Puskesmas Mantrijeron, Puskesmas Jetis, Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan serta Orang Tua Ners Baru juga turut menghadiri prosesi Sumpah Ners yang ke-24.

Salah satu rangkaian dari proses sumpah yaitu pemberian penghargaan kepada ners terbaik 1 yaitu Dwi Sasmoko Adji, S.Kep.,Ns , ners terbaik 2 yaitu Rizaludin Akbar, S.Kep., Ns , ners terbaik 3 yaitu Dwi Puji Putranti, S.Kep., Ns.  Ners baru juga memberikan kontribusi kepada Program Studi Ilmu Keperawatan untuk kegiatan akademik berupa 5 buah text book yang dapat digunakan sebagai referensi kegiatan belajar mengajar.

Novita Kurnia Sari, S.Kep,Ns.,M.kep. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan agar senantiasa mengemban etik keperawatan dan selalu menerapkan keperawatan islami dimanapun berada. Selain itu, perwakilan dari mahasiswa Marifatul Fadilat, S.Kep., Ns. juga menyampaikan dalam pidatonya terkait tanggungjawab baru yang diemban dirinya dan teman-teman seperjuangan dan juga terima kasihnya kepada dosen, preceptor yang telah menempa menjadi pribadi yang lebih dewasa. (kpa)

Let's Share!