BATAM: Tim promosi PSIK FKIK UMY telah menyelesaikan misi mendatangi Kepulauan Riau, tepatnya di Pulau Tanjung Pinang dan Pulau Batam selama 4 hari. Wakil dari PSIK, Fahni Haris, Ns., M.Kep dan tim dari Admisi berangkat hari Selasa (22/1). Fahni menyampaikan “setelah tiba di Tanjung Pinang, tim langsung bergerak ke SMA N 1 Tanjung Pinang”. Hari kedua di Tanjung Pinang, tim menyampaikan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dan pengenalan prodi Ilmu Keperawatan FKIK UMY di dua sekolah yaitu SMA N 2 Tanjung Pinang dan SMA Muhammadiyah Tanjung Pinang.

Hari ke tiga dan ke empat, tim berpindah menuju Pulau Batam. Bersama Program Mudik Promosi dari Biro Admisi UMY, tim promosi dibantu menyampaikan sosialisasi pendaftaran mahasiswa baru dengan tiga mahasiswa asli Batam. Hasilnya, tim dapat menyampaikan sekitar 10 kelas di 4 sekolah berbeda. Sekolah tersebut yaitu, SMA N 1 Batam, SMA Muhammadiyah 1 Batam, SMA N 4 Batam dan SMA 8 Batam. Sampai berita ini dibuat (25/1), tim Mudik Promosi masih melanjutkan kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Batam. Mereka harus memenuhi target 8 sekolah.

Tantangan yang dihadapi oleh tim yaitu medan kepulauan yang harus ditempuh menggunakan kapal penyebrangan. Dengan ombak yang tinggi dibulan Januari – Maret, tim promosi tetap semangat menjalani tugas, papar Fahni. Kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kepulauan Riau tentang studi lanjut di perguruan tinggi dikatakan oleh Suraji (tokoh setempat), menyatakan bahwa lulusan SMA di sana sangat gampang mencari pekerjaan sebagai ABK sehingga tingkat keberlanjutan studi lanjut masih dirasa sedikit. (FH)