Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK FKIK UMY) bersama Magister Keperawatan UMY pada tahun ini menyelenggarakan kegiatan Visiting Professor sebagai bagian dari program internasionalisasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan dimulai dari tanggal 1-27 Oktober 2017 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Berbagai program kegiatan dilaksanakan dalam program Visiting Professor yang dimana pada tahun ini mengundang Prof. Teresa Elizabeth Stone, Ph.D (Prof. Teri) sebagai professor tamu yang mengisi program ini untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dan Magister Keperawatan UMY.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY sebagai bagian dari program Visiting Professor kali ini adalah kuliah pakar “Global Issue in Nursing” pada tanggal 11 Oktober 2017 di Amphiteater G FKIK UMY yang dihadiri oleh mahasiswa PSIK UMY yang membahas permasalahan perawat secara global dan kegiatan selanjutnya adalah Workshop “Step To Submit in International Journal” pada tanggal 25 Oktober 2017 bertempat di Ruang Sidang Lantai 4 PSIK yang membahas tentang persiapan karya ilmiah dosen untuk di submit ke jurnal internasional serta menghindari plagiarisme.

Pada kegiatan kuliah pakar “Global Issue in Nursing”, Prof. Teri menjelaskan bagaimana permasalahan-permasalahan yang dihadapi para perawat dunia ketika melakukan tugasnya sebagai perawat maupun ketika perawat dia dalam lingkungan masyarakat, serta bagaimana para perawat tersebut mendapatkan solusi untuk permaslahan tersebut. Dalam kuliah pakar ini, Prof. Teri didampingi oleh ibu Erna Rochmawati, Ns., MNSc.,M.Med.Ed., Ph. D sebagai dosen pendamping dan Ibu Rahmah, Ns., M.Kep.,Sp.Kep.An sebagai pengampu mata kuliah.

Selanjutnya kegiatan berikutnya adalah Workshop “Step to Submit in International Journal”. Dalam kegiatan ini Prof. Teri menjelaskan tentang tips untuk meningkatkan mutu dosen dalam mempersiapkan karya tulis ilmiahnya untuk di masukkan ke dalam jurnal internasional agar dapat meningkatkan mutu dosen sekaligus meningkatkan mutu program studi. Diharapkan program Visiting Professor ini dapat meningkatkan kapasitas dosen dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan dihasilkannya joint publication di jurnal internasional bereputasi di bidang keperawatan dan kesehatan yang memiliki impact factor minimal 0.2.

 

More in Galleries :

http://nursing.fkik.umy.ac.id/gallery/kuliah-pakar-global-issue-in-nursing-with-prof-teresa-elizabeth-stone/

http://nursing.fkik.umy.ac.id/gallery/workshop-step-to-submit-in-international-journal-bersama-prof-teresa-stone/

Let's Share!