Dalam rangka penarikan mahasiswa CONERS angkatan XXVI yang telah menyelesaikan program profesi ners di homebase RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo beserta rumah sakit, puskesmas, panti wreda jejaring Program Studi Profesi Ners Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, mahasiswa CONERS angkatan XXVI UMY menyelenggarakan workshop keperawatan dengan tema “Manajemen Ruang Rawat Inap dalam Pengingkatan Mutu dan Pelayanan Rumah Sakit”.

Acara yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2019 di Auditorium RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo ini diikuti oleh 33 peserta yang terdiri atas preseptor klinik, kepala ruang dan perwakilan perawat primer dari semua bangsal RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Pemubkaan acara pada pukul 08.30 WIB oleh wakil direktur pelayanan RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, dr. Ika Endah L, Sp.KJ, M.Kes. Kasie Diklat dan Litbang, Kabid Keperawatan, Kasie Keperawatan dan beberapa dosen PSIK FKIK UMY juga turut hadir dalam acara ini sebagai tamu undangan.

Materi dalam seminar dan workshop ini diisi oleh Dr. Elsye Maria Rosa yang merupakan dosen Prodi Magister Manajemen Rumah Sakit, Program Pascasarjana UMY.  Materi yang diberikan merupakan materi tentang manajemen ruang rawat inap, selain itu beliau juga memberikan workshop audit keperawatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan rumah sakit. Moderator dalam acara ini ialah bapak Bagyo Prihantoro, S.Kep., Ns., MPH yang juga merupakan Kasie Diklat dan Litbang RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo.

Acara ini disambut dengan baik oleh peserta seminar dan workshop karena melalui acara ini mereka dapat berkonsultasi langsung dengan pakarnya terkait permasalahan yang sering terjadi di ruang rawat inap. Peserta berharap pengetahuan yang didapatkan dari acara ini dapat diimplementasikan dan berdampak langsung terhadap kualitas pelayanan, kepuasan pengguna layanan dan peningkatan status kesehatan secara umum (DA).